October 16, 2016

Asal Usul Laksamana Islam Cheng Ho Negeri Tiongkok DInasti Ming

Cheng Ho dalam sejarah nusantara sangat mashur sebagai seorang laksamana atau pemimpin angkatan laut dinasti Ming yang menganut agama... thumbnail 1 summary


Cheng Ho dalam sejarah nusantara sangat mashur sebagai seorang laksamana atau pemimpin angkatan laut dinasti Ming yang menganut agama Islam. Di negeri Tiongkok, agama Islam dikenal sebagai agama Qing  Zheng, artinya agama yang murni dan benar.





Selama ini masih terdapat perbedaan pendapat soal asal usul laksamana Islam Cheng Ho.  Berikut ini paparan asal usul Cheng Ho berdasarkan buku Muslim Tionghoa Cheng Ho : Misteri Perjalanan Muhibah di Nusantara karya Prof. Kong Yuansi penyunting Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma, terbitan Yayasan Pustaka Obor cetakan ke-5 Nopember 2013.

Ketika pasukan Zhu Yuanzhang menumbangkan Dinasti Yuan, selain didukung banyak prajurit Islam juga terdapat  jenderal jenderal muslim yang amat terkenal pada masa itu antaranya Chang Yuchun, Mu Ying, Hu Dahai, dan Lan Yu. Setelah Zhu Yuanzhang naik tahta menjadi kaisar pertama Dinasti Ming. Para jenderal muslim itu mendapat anugerah jabatan tinggi yang memimpin pemerintahan di beberapa daerah.

Tahun 1368 merupakan tahun pertama bagi Zhu Yuangzhang dinobatkan menjadi kaisar Dinasti Ming. Pada tahun itu pula juga dititahkan adanya pembangunan masjid Jingjue atau disebut masjid Jalan San San di Nanjing, ibukota kerajaan Ming. Dalam masjid tersebut Kaisar Ming membuat sebuah sajak penghargaan yang terkenal sebagai ‘Sajak Seratus Kata’ yang berisi mengagung agungkan Nabi Rosululloh Muhammad SAW.

Dalam Ming Shi atau Sejarah Dinasti Ming tak terdapat sepatah katapun yang menyinggung moyang Cheng Ho kecuali kalimat yang menyatakan Cheng Ho berasal dari propinsi Yunnan dikenal sebagai Kasim San Bao.

Cheng Ho adalah keturunan raja Han Yang. Cheng Ho inilah yang berlayar jauh ke Samudera Barat atas sabda baginda pada masa Kaisar Yong Le dari Dinasti Ming. Raja Han Yang adalah Sayid Ajall atau Sayidina Syamsuddin. Cheng Ho keturunan ke-6 Raja Han Yang.

Ayahnya bernama Ma Haji, ibunya memiliki marga Wen. Keluarga tersebut memiliki dua putra dan empat putri. Putra pertama bernama Ma Wenming dan yang kedua bernama Ma He yang kemudian dikenal sebagai Cheng Ho.

Ayah Cheng Ho wafat tahun 1382M. Sedang Cheng Ho lahir tahun 1371M. Ketika itu Dinasti Yuan sudah terguling. Tapi propinsi Yunnan masih diduduki Raja Liang, sisa kekuatan Dinasti Yuan. Ketika Cheng Ho berumur 12 tahun, Yunnan sudah direbut tentara Dinasti Ming yang mengganti Dinasti Yuan [1206M-1368M].

Cheng Ho bertubuh tinggi dan tegap perawakannya. Lingkaran pinggangnya lebih dari 10 jengkal telunjuk. Dahinya menonjol, telinganya besar tapi berhidung kecil. Giginya putih dan rapi bagai rangkaian mutiara. Sedangkan langkahnya mantap bagai macan. Suaranya lantang laksana lonceng. Beliau berotak tajam dan pandai berdebat. Beliau adalah pemimpin ulung dalam pertempuran. Demikian catatan orang dulu tentang Cheng Ho.