October 25, 2016

Kisah Sejarah Laksamana Muslim Cheng Ho dan Para Pembantunya

Dalam memimpin 7 pelayaran ekspedisi Maritim Dinasti Ming Negeri Tiongkok, Laksamana Muslim Cheng Ho diikuti beberapa pembantu sesuai tu... thumbnail 1 summary


Dalam memimpin 7 pelayaran ekspedisi Maritim Dinasti Ming Negeri Tiongkok, Laksamana Muslim Cheng Ho diikuti beberapa pembantu sesuai tugas masing masing. Pembantu utama atau wakil laksamana Cheng Ho bernama Wang Jing Hong atau Ong King Hong.


 

Selain Wang Jing Hong, dalam rombongan perjalanan Cheng Ho terdapat tiga tokoh terkemuka bernama Ma Huan, Fei Sin, dan Gong Zheng. Ketiganya masing masing menulis buku perjalanan.


Ma Huan menulis buku berjudul Yin-Ya-Sheng-Lana atau Pemandangan Indah di Seberang Samudera, Fei Sin menulis buku berjudul Xing-Cha-Sheng-Lan atau Menikmati Pemandangan Indah dengan Rakit Sakti, dan Gong Zheng menulis buku perjalanan berjudul Xi-Yang-Fan-Gua-Zhi atau Catatan Tentang Negara Negara Samudera Barat.


Buku buku tersebut mencatat Negara Negara utama yang pernah disinggahi Cheng Ho, menceritakan tentang letak, iklim, sumber alam dan hasil bumi, adat istiadat, kehidupan penduduk, masyarakat, dan bahasanya.


Berdasarkan tiga buku tersebut, kerajaan kerajaan di Nusantara yang pernah dikunjungi Cheng Ho antaranya Jawa, Palembang, Pasai atau Aceh, Aru, Nakur [Batak], Lide, Lambri [Lamuri], Belitung, Pulau Bras [Pulau Bras=Pulau We], dan lain lain.


Setiap singgah sepanjang perjalanan, Cheng Ho dan para pembantunya yang menganut Islam selalu menyebarkan ajaran dan kebenaran Islam. Hampir semua tempat yang pernah dikunjungi rombongan Cheng Ho, didirikan tempat ibadat orang Islam yaitu Masjid. Ternyata Masjid selalu ada di tempat pemukiman orang Islam.


Sebelum kedatangan Cheng Ho ke Jawa, Islam sudah ada di tanah Jawa. Ini juga ditulis oleh Ma Huan dalam bukunya berjudul Ying Ya Sheng Lan atau Pemandangan Indah di Seberang Samudera. Dalam buku itu Ma Huan menceritakan bahwa di kalangan keturunan Tionghoa di Jawa terdapat banyak orang yang memeluk Islam dan ikut berpuasa.


Masih ada beberapa pembantu Cheng Ho yang terkenal antaranya Hasan, Guo Chongli, Pu Heri, dan Sha’ban. Mereka semua penganut Islam sebagaimana Cheng Ho, Wang Jing Hong, Ma Huan, Fei Sin, dan Gong Zheng.




====================


kisahSEJARAHklasik

25/10/2016

Bahan bacaan: buku judul Muslim Tionghoa Cheng Ho : Misteri Perjalanan Muhibah di Nusantara karya Prof. Kong Yuansi penyunting Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma, terbitan Yayasan Pustaka Obor cetakan ke-5 Nopember 2013.